Halaman

Selasa, 23 April 2013

Perkembangan Tablet


Perkembangan Teknologi di Tangan Tablet PC



Tahun 2012 adalah tahun yang bisa disebut sebagai salah satu era tersukses di dunia tablet PC. Hampir secara terus-menerus kita telah melihat berbagai perkembangan, baik di sisi teknologi software dan juga hardware, serta peningkatan angka permintaan pasar atas gadget yang satu ini. Kita juga tentu telah mendengar beberapa diskusi maupun perdebatan yang berkisar di pengkategorian tablet, apakah gadget ini masuk di kelas personal computer (PC) atau bukan.

Peredaran tablet PC memang sudah tidak dapat dibendung lagi, apalagi dihentikan. Hampir setiap orang telah memiliki alat yang disebut-sebut telah menggantikan posisi notebook ataupun netbook. Peredaran yang luar biasa tersebut tentunya dipicu oleh inovasi yang dibuat oleh Apple saat mereka merilis iPad ke pasaran. Dan kini, teknologi tersebut tak henti-hentinya berkembang dan dipercaya telah menjadi salah satu dasar utama dalam evolusi PC ke depannya.

Inovasi dan Evolusi

Dalam beberapa bulan terakhir, tentulah kita telah menjadi saksi salah satu langkah berani dari Samsung dan Microsoft saat mereka memutuskan untuk bergabung di dalam peta persaingan. Hal tersebut tentu menjadi salah satu penanda bahwa tablet akan menjadi salah satu benda yang akan menjadi salah satu benda terpenting di dunia teknologi.

Kepastian Microsoft untuk merilis Surface dan rencana Samsung untuk melempar Galaxy Note 10.1 ke pasaran seolah menjadi simbol bahwa mereka berdua siap untuk bersaing dengan satu nama legendaris. Microsoft dan Samsung juga seakan mengirimkan pesan kepada Apple bahwa tablet PC bukan sekedar gadget yang hanya bisa digunakan sebagai sebuah alat penyedia hiburan. Microsoft dan Samsung telah berhasil melengkapi dan menyempurnakan teknologi tablet PC hingga saat ini.



Inovasi-inovasi tersebut mempunyai kesan yang cukup penting, karena berbagai perubahan yang terkait dengan berbagai aspek cukup memiliki pengaruh dengan perkembangan industri-industri lainnya. Sebut saja perkembangan software yang turut membuat para pengembang aplikasi menjadi lebih hidup dan kemajuan hardware yang juga semakin mendorong persaingan beberapa perusahaan penyedia prosesor menjadi kian ketat. Tentulah hal tersebut semakin membuat pasar semakin memiliki banyak pilihan dalam menentukan gadget yang tepat untuk dirinya sendiri.

Namun patut diakui, bahwa perkembangan pasar tablet PC yang sedemikian pesat membuat beberapa perusahaan harus terus saling menjaga jarak sedekat mungkin dengan pesaingnya. Dengan demikian, tak heran bila kita menyaksikan berbagai isu yang memberitakan tentang eksperimen-ekperimen yang dilakukan oleh berbagai perusahaan besar. Sejauh ini, Oktomagazine melihat bahwa Samsung adalah salah satu perusahaan yang berhasil bereksperimen dan menghasilkan produk hebat lewat Galaxy Note 10.1.

Dalam pemberitaan sebelumnya, Oktomagazine telah membeberkan fakta mengenai kemampuan Samsung dalam mengoptimalkan kinerja dari stylus pen yang menyertai Galaxy Note 10.1. Dengan didukung oleh aplikasi inovatif, Samsung berhasil memperbarui definisi dari sebuah tablet PC. Hanya waktu yang bisa membuktikan apakah Samsung mampu meraih sukses dengan inovasinya tersebut. Namun bila pada Note 10.1 justru meraih kegagalan di pasar, ide mengenai pengoptimalan stylus pen bisa menjadi sebuah inovasi yang revolusioner di dunia tablet PC.

Nasib PC Tradisional

Kita tengah hidup di sebuah era dimana perkembangan teknologi tengah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Harus diakui bahwa teknologi adalah salah satu faktor pembentuk dari masa depan kita. Peralatan yang tengah kita gunakan akan semakin mengalami perubahan di berbagai hal. Mereka akan semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan akan menjadi “teman” terbaik kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar